Kaum Tsamud

Kaum Tsamud 

Al Qur`an Al karim mengungkapkan mengenai keadaan kaum Tsamud sebagai berikut ini:

Ciri-ciri peradaban:
- Pengganti kaum 'ad
- Mendirikan istana di tanah datar
- Memahat gunung untuk dijadikan rumah dengan rajin
- Memotong batu-batu besar di lembah
- Tinggal di kebun serta mata air
- Menyembah apa yang disembah oleh nenek moyangnya ( 11: 62)
(7: 74)(15: 82)(26: 146-149)( 89: 9)

Penyebab Mereka di hancurkan:
- Shaleh diutus kepada kaum tsamud,untuk mengajak bertakwa dan mencegah manusia membuat kerusakan di muka bumi dan tidak mengadakan perbaikan. Di datangkanlah seekor unta betina (Naaqotun) sebagai mukjizat.ia mempunyai giliran untuk mendapatkan air, dan kaum tsamud mempunyai giliran pula untuk mendapatkan air di hari yang tertentu. Dan janganlah kamu sentuh unta betina itu dengan sesuatu kejahatan, yang menyebabkan kamu akan ditimpa oleh azab hari yang besar. Kemudian mereka membunuhnya, lalu mereka menjadi menyesal. maka mereka ditimpa azab. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat bukti yang nyata. Dan adalah kebanyakan mereka tidak beriman. (26: 152-158)

- Di kota itu ada 9 orang laki-laki yang membuat kerusakan di muka bumi dan mereka tidak berbuat kebaikan. Mereka mengadakan makar dengan mengatakan:"Bersumpahlah kamu dengan nama Allah, bahwa kita sungguh-sungguh akan menyerangnya dengan tiba-tiba beserta keluarganya di malam hari, kemudian kita katakan kepada warisnya (bahwa) kita tidak menyaksikan kematian keluarganya itu, dan sesungguhnya kita adalah orang-orang yang benar." (27: 46-49)

- Para pemuka kaum 'ad yang sombong mengingkari Shaleh As
- Mereka sembelih Unta betina itu. Karena itu mereka ditimpa gempa(Rojfatu), maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan(Jatsimin) di tempat tinggal mereka.
(7: 75-77)(26: 141-158)
- Maka mereka memanggil kawannya lalu kawannya menangkap unta itu dan membunuhnya. (54: 29)


Adzab Yang ditimpakan:
- kaum tsamud diberi tangguh selama tigahari sebelum ditimpa azab (11: 65)
- Mereka sembelih Unta betina itu. Karena itu mereka ditimpa gempa(Rojfatu), maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan(Jatsimin) di tempat tinggal mereka.
(7: 75-77)
- Penduduk kota hijr dibinasakan dengan suara keras yang menguntur di waktu pagi.Maka tak dapat menolong mereka, apa yang telah mereka usahakan. (15: 84)

- Tsamud di azab dengan petir (Sho'iqotu) dan mereka melihatnya. Maka mereka sekali-kali tidak dapat bangun dan tidak pula mendapat pertolongan. ( 51: 45)


- Rumah-rumah kaum tsamud runtuh akibat kezaliman mereka. (27: 52)

- Alangkah dasyatnya azab itu. Mereka dtimpa satu suara yang keras dan mengguntur.Maka jadilah mereka seperti rumput kering yang dikumpulkan oleh orang yang memiliki kandang binatang.(54: 31)

- hanya Shaleh beserta Orang yang beriman bersamanya yang diselamatkan. (11: 66).

(Sumber : Al Qur'an Digital)

 

0 komentar:

Posting Komentar