Cara Menghadapi orang-orang Munafik

 

Bismillaahir Rohmaanir Rohiim (QS Al-Fatihah, 1:1)

terpecah belahBegitu lihainya kaum munafik itu membuat intrik, sehingga bisa menimbulkan konflik di kalangan kaum muslim. Maka kitaharus selalu waspada terhadap gerak-gerik mereka.
“Maka mengapa kamu terpecah menjadi dua golongan dalam menghadapi orang-orang munafik, padahal Allah telah membalikkan mereka kepada kekafiran, disebabkan usaha mereka sendiri? Apakah kamu bermaksud memberi petunjuk kepada orang-orang yang telah disesatkan Allah? Barang siapa yang disesatkan Allah, sekali-kali kamu tidak mendapatkan jalan (untuk memberi petunjuk) kepadanya.” (QS An-Nisaa’, 4:88)
Mereka selalu berusaha dengan segala cara agar kita mengikuti mereka. Sebagaimana iblis selalu mencari pengikut di kalangan manusia yang lemah imannya. Agar kelak menjadi teman di club neraka jahanam yang hot dan abadi selamanya.
“Mereka ingin supaya kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir, lalu kamu menjadi sama dengan mereka. Maka janganlah kamu jadikan di antara mereka penolong-penolongmu, hingga mereka berhijrah pada jalan Allah. Maka jika mereka berpaling, tawan dan bunuhlah mereka di mana saja kamu menemuinya, dan janganlah kamu ambil seorang pun di antara mereka menjadi pelindung, dan jangan pula menjadi penolong,” (QS An-Nisaa’, 4:89)
Bila mereka tidak menyerang, atau minta suaka, maka kita dilarang menawan atau membunuhnya. Biarkan saja Allah Swt yang membalas perbuatan mereka yang terkutuk.
“kecuali orang-orang yang meminta perlindungan kepada sesuatu kaum, yang antara kamu dan kaum itu telah ada perjanjian damai atau orang-orang yang datang kepada kamu sedang hati mereka merasa keberatan untuk memerangi kamu dan memerangi kaumnya. Kalau Allah menghendaki, tentu Dia memberi kekuasaan kepada mereka terhadap kamu, lalu pastilah mereka memerangimu. Tetapi jika mereka membiarkan kamu, dan tidak memerangi kamu serta mengemukakan perdamaian kepadamu, maka Allah tidak memberi jalan bagimu untuk menawan dan membunuh mereka.” (QS An-Nisaa’, 4:90)
Namun bila orang-orang munafik itu menyerangmu, kita pun harus melawan, menawan dan membunuhnya. Demikianlah petunjuk dan perintah Allah Swt kepada orang yang beriman.
“Kelak kamu akan dapati golongan-golongan yang lain, yang bermaksud supaya mereka aman dari pada kamu dan aman pula dari kaumnya. Setiap mereka diajak kembali kepada fitnah (syirik), mereka pun terjun ke dalamnya. Karena itu jika mereka tidak membiarkan kamu dan tidak mau mengemukakan perdamaian kepadamu, serta tidak menahan tangan mereka dari memerangimu, maka tawanlah mereka dan bunuhlah mereka dan merekalah orang-orang yang Kami berikan kepadamu alasan yang nyata untuk menawan dan membunuh mereka.” (QS An-Nisaa’, 4:91)
Salamun ‘alaikum (QS An-Nahl, 16:32), (QS Ar-Ra’d, 13:2

0 komentar:

Posting Komentar