Dua kisah yang menggambarkan Umar bin Khattab sebagai sosok yang penyayang

Dua kisah yang menggambarkan Umar bin Khattab sebagai sosok yang penyayang

Kisah Pertama
Anas bin Malik meriwayatkan, ia berkata: "Ketika suatu malam Umar melakukan ronda, tiba-tiba ia melewati serombongan yang sedang singgah (bermalam) di suatu tempat. Ia menjadi mengkhawatirkan akan terjadinya pencurian mengenai mereka.
Abdurrahman bin Auf ketika bertemu dengannya bertanya: "Apa yang membuat Anda datang pada saat malam seperti ini, wahai Amirul Mukminin?"
Umar berkata: "Saya berjalan melewati serombongan orang yang singgah di suatu tempat, lalu aku berkata pada diriku sendiri, jika mereka tertidur pulas aku khawatir ada pencuri yang mencuri barang-barang mereka. Karenanya marilah kita pergi untuk menjaga mereka."
Anas bin Malik berkata: "Lalu keduanya pergi, duduk di dekat rombongan itu untuk menjaga mereka. Ketika fajar pagi telah terbit, Umar memanggil-manggil, membangunkan mereka: 'Wahai peserta rombongan, bangun dan shalatlah,' Kata Umar.
Setelah mereka bergerak bangkit, Umar pergi meninggalkan mereka."
Kisah Kedua
Diriwayatkan dari Umar ra., pernah suatu ketika Umar melihat seorang dzimmah (orang kafir yang tunduk pada pemerintahan Islam) yang sudah tua, meminta-minta dari satu pintu ke pintu yang lain.
Lalu Umar berkata kepadanya: "Betapa aku telah berlaku tidak adil terhadap Anda, kami telah memungut pajak dari Anda ketika Anda masih muda, kemudian hari ini kami menyia-nyiakan Anda setelah tua renta."
Lalu Umar memerintahkan untuk mengirim bahan makanan pokok ke rumahnya yang diambilkan dari Baitul Mal kaum muslimin.

0 komentar:

Posting Komentar